Segala tentang ANALISIS SWOT


ANALISIS SWOT

     SWOT adalah strategi mengevaluasi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats) dalam usaha atau bisnis bahkan pada diri sendiri.

 A. Pada perusahaan atau bisnis
   1. Strengths,  biasanya yang dimiliki perusahaan yaitu kompetensi khusus dalam organisasi atau perusahaan yang biasanya berisi sumber, keterampilan, produk andalan, dsb yang membuat perusahaan itu menjadi lebih kuat dan memuaskan di pasar.
   2. Weakness, biasanya terlihat pada sarana dan prasarana yang kurang, kemampuan manajemen yang rendah, keterampilan pemasaran yang tidak sesuai, produk yang kurang diminati, perolehan keuntungan yang kurang memadai.
    3. Opportunities, biasanya muncul karena identifikasi pasar belum mendapat perhatian, perubahan dalam kondisi persaingan, terbuka berbagai kesempatan baru, hubungan yang harmonis dengan pembeli dan pemasok.
   4. Threats, biasanya muncul karena banyaknya pesaing baru, pertumbuhan pasar yang lamban, perkembangan IPTEK yang belum dikuasai,dsb.
     Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara bagaimana kekuatan mampu mengambil keuntungan dari peluang yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan yang mencegah keuntungan dari peluang yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan mampu menghadapi ancaman yang ada dan terakhir bagaimana cara mengatasi kelemahan yang mampu membuat ancaman menjadi nyata atau menciptakan ancaman baru.
B. Pada diri sendiri
   1. Strengths,  biasanya seperti jiwa kepemimpinan, disiplin, mudah bergaul, dsb.
   2. Weakness, biasanya seperti keras kepala, pelupa, mudah mengantuk, dsb.
   3. Opportunities, biasanya seperti pengalaman berorganisasi, pendidikan yang tinggi, dsb.
   4. Threats, biasanya seperti terlalu banyak kegiatan, munculnya diskriminasi, dsb.

     Analisis SWOT dapat diterapkan paling sedikit tiga bentuk diantaranya :
1. Analisis SWOT memungkinkan penggunaan kerangka berfikir yang logis menyangkut situasi organisasi, berbagai alternatif yang layak dan paling ampuh.
2. Analisis SWOT membandingkan antara peluang dan ancaman di satu pihak (eksternal) dan kekuatan dan kelemahan pihak yang lain (internal) yang dihadapi bisnis yang bersangkutan.
3. Analisis SWOT memaparkan tantangan utamanya yaitu identifikasi dari posisi satuan bisnis. Suatu satuan bisnis  mungkin menghadapi berbagai peluang dan berupaya menghilangkan berbagai ancaman.

     Tujuan analisis SWOT adalah mengidentifikasi peluang dan ancaman yang dihadapi serta kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan melalui telaah terhadap lingkungan usaha dan potensi sumber daya perusahaan dalam menetapkan strategi sasaran yang realistis dalam mewujudkan visi dan misinya.
        Manfaat analisis SWOT adalah strategi bagi para pengusaha atau perusahaan dalam menetapkan sarana-sarana saat ini dan kedepannya terhadap kualitas internal maupun eksternal. Dan untuk mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungan perusahaan dan mengurangi kelemahan dan ancaman. 
     Fungsi analisis SWOT adalah membantu perusahaan untuk tetap menaruh perhatian dan melihat peluang-peluang baru dan memberikan bobot realisme pada rencana-rencana yang akan dibuat perusahaan.


THANK YOU :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar

Kerajinan Bahan Lunak Part I